Mengelola kelas adalah merupakan ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru agar KBM berjalan dengan lancar. Ketrampilan tersebut meliputi :
- Menciptakan kondisi kelas yang nyaman.
kondisi kelas yang nyaman akan membuat para siswa menjadi betah di kelas sehingga mereka dapat belajar dengan tenang. Rasa tenang sudah pasti akan mempermudah siswa untuk menyerap materi yang kita sampaikan.Dengan demikian materi yang kita sampaikan tidak akan sia-sia.
- Bersikap objectif
Guru yang pilih kasih sudah pasti akan dijauhi oleh siswanya,maka dari itu kita sebagai seorang guru harus memperlakukan sama terhadap semua siswa. Semua siswa yang datang ke kelas kita memiliki hak yang sama jadi jangan sampe kita beda-bedakan.
- Memberi pujian/apresiasi
Siapa sih yang tidak suka dipuji? semua orang mulai dari anak-anak,remaja sampai orang tua pasti suka kalau dipuji. Pujian itu perlu sebagai apresiasi bagi siswa terhadap prestasinya, tapi memberi pujian tidak boleh berlebihan karena tidak sedikit siswa yang akan hanya sampe disitu saja dan merasa puas terhadap prestasinya. Jadi tujuan memberi pujian disini adalah sebagai motivasi untuk siswa agar terus maju untuk belajar.
-Jangan mengancam siswa
Poin yang terakhir ini adalah yang perlu kita perhatikan. Kita adalah seorang guru bukan seorang penjahat jadi jangan sekali kali mengancam siswa kita apapun alasanya. Ancaman akan hanya membuat jiwa siswa jadi tidak nyaman dan ini akan mengganggu konsentrasinya dalam belajar. terus bagaimana kalo kita menghadapi anak yang nakal? kalo nakalnya ringan kita bisa menasehatinya dengan memberinya teguran. Tapi kalau nakalnya sudah melampaui batas kita bisa minta bantuan ke BP. Di setiap sekolahan kan sudah pasti ada BP nya. nah itu adalah tips dari saya semoga bermanfaat. Selamat mengajar.